Home » » Pendampingan PSG SMKN 1 Sigi Biromaru Palu Sulawesi tengah

Pendampingan PSG SMKN 1 Sigi Biromaru Palu Sulawesi tengah

Written By Unknown on Minggu, 18 November 2012 | 18.37

Pendampingan SMKN 1 Sigi Biromaru Palu Sulawesi tengah
P4S “Manunggal” Sambi, Pakem, Sleman, Yogyakarta


            Sebagai mahasiswa pertanian di Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta, kami ingin benar-benar bisa mengimplesentasikan pengetahuan yang kami miliki, tidak hanya mahir dalam teori namun juga dalam  praktek lapangan dan pada kesempatan ini kami juga ingin belajar kepada mereka petani sukses di bidang budidayanya masing-masing.
            Dan kesempatan itu datang saat kami diberi tahu oleh Dosen pembimbing kami yaitu Bapak Ir. Setyo Indroprahasto, M.Si, Jika ada kesempatan untuk mengasah diri dan membuktikan diri jika kami bisa melakukan sesuatu kegiatan yang bermanfaat bagi kami dan bermanfaat bagi orang lain. Kami bersepuluh (Irwan, Titis, Syukron, Nafi’, Mukhlis, Samid, Desy, Ika, Dadan,dan Syafius) dengan semangat mengambil kesempatan itu untuk membantu pendampingan siswa-siswi SMKN 1 Binomaru Palu Sulawesi tengah di P4S “Manunggal” Sambi, Pakem, Sleman. Yang diketuai oleh Bapak Supriyanto, SP.  
            Kami bersepuluh mendapat tanggung jawab masing-masing 5-10 Siswa/siswi untuk mendampingi mereka dalam waktu sekitar dua bulan dalam melakukan kegiatan budidaya pertanian, dengan dibantu masing-masing kelompok ada Induk Semangnya yang mempunyai tugas mengajari mereka tentang bagaimana budidaya pertanian yang benar dan sekaligus sebagai tempat mereka tinggal sementara di Jogja.
            Saya Irwan Budiyanto sebagai Koordinator mahasiswa yang mendampingi para peserta PSG mendapat bagian di budidaya Semangka non-biji dengan Induk semang Bapak Basuki selaku salah satu ketua Gapoktan yang ada di Pakem, Sleman dan juga beliau sebagai petani semangka, melon, cabei andalan di Pakem. Saya sangat bersyukur bisa langsung belajar pada ahlinya dan juga mempunyai tanggungjawab untuk mendampingi kesepuluh siswa, yaitu Rozak, Eko, Fikri, Salam, Sukardi, Fadil, Agus, Wal’ikram, Rahmasnyah, dan Ramadhan.
                 Saya belajar dan mengajar banyak tentang Budidaya semangka non-biji ini, dari mulai menyiapkan lahan budidaya, pemilihan biji yang baik dan perlakuannya,  penyemaian, penanaman, pemangkasan, pemupukan, pembasmian hama dan penyakit, pengairan, penyerbukan, pemilihan buah, pemanenan dan pejualannya.
                Kami sangat senang bisa mendampingi mereka,  juga mendapat pembelajaran dan pengalaman dalam menjalin komunikasi dengan induk semang dan para peserta PSG, serta yang tidak kalah penting yaitu menambah pengetahuan kami mengenai budidaya pertanian. Dan semoga ini bukan akhir dari pertemuan kami dengan mereka, namun ini merupakan awal dari silaturohmi kita dengan mereka.
"Moment yang berkesan itu ada disaat kita bisa bersama dalam canda, suka maupun duka"




Bagikan ke:
 
Copyright © 2011 - 2012. Agoengsang - All Rights Reserved
Sitemap · Privacy Policy · Pasang Iklan
Proudly Powered by Blogger